Ternyata Semudah Ini Mendesain Ruang Tamu yang Tenang dan Santai, Yu Intip Caranya!

Bagaimana hunianmu bisa membawa kesan menarik bagi mereka yang pernah berkunjung ke rumahmu? Salah satu caranya adalah melalui ruang tamu. Hal ini tak terlepas dari fungsi ruang tamu itu sendiri yaitu ruangan tersebut menjadi tempat bagi kamu dalam menerima tamu. Tentunya juga ruangan tersebut digunakan untuk menghabiskan waktu bersama sang tamu yang datang.

Melihat krusialnya fungsi ruang tamu, maka sudah semestinya kamu mendesainnya menjadi ruangan yang santai dan tenang. Ruang tamu yang demikian akan membuat hunianmu mudah diingat. Sebaliknya, bila tak didesain dengan matang, tentunya tamu akan menganggap hunianmu biasa-biasa saja. Jadi, bagaimana membuat ruang tamu yang tenang dan santai? Berikut ulasannya.

Gunakan Warna Soft

Konsep paling dasar adalah menggunakan warna soft pada ruang tamu. Hal ini meliputi banyak hal, mulai dari warna pada cat dinding, sofa, karpet, gorden jendela, dan lain sebagainya. Warna-warna ini bisa meliputi warna putih, tan, sky blue, pink coral, dan masih banyak yang lainnya.

Ketika sudah menentukan warna soft apa yang akan kamu gunakan, selanjutnya kamu perlu mix and match-nya ke dalam semua komponen dalam ruang tamu. Bila warna putih adalah yang menjadi piihanmu, maka kamu harus mencari warna senada. Bila dirasa terlalu flat, kamu bisa memadupadankan dengan warna turunannya, misalnya cream. Warna tersebut juga tergolong soft, maka dari itu bisa menjadi alternatif tersendiri.

Sebaliknya, memilih warna yang terkesan strong, seperti merah atau hitam akan membuat tampilan ruang tamu menjadi tegas.

Tempatkan Barang-Barang yang Fungsional

Ruang tamu bukanlah ruang keluarga ataupun kamar pribadi. Artinya, jangan pernah menaruh banyak barang pada ruang tamu. Sebaliknya, gunakan perabot yang memiliki kesan minimalis, dan yang pasti cocok untuk diletakkan di ruang tamu. Barang-barang yang tak direkomendasikan adalah televisi, almari baju, ataupun meja belajar. Kamu tentu tak mau kan tamu mu lebih fokus dengan berbagai perabotan tersebut.

Untuk memilih barang yang minimalis, kamu bisa memulainya dengan pajangan sederhana seperti lukisan atau sedikit barang yang kamu koleksi. Selain itu, hal-hal kecil lainnya seperti gorden jendela minimalis, karpet, merupakan beberapa perabot yang jangan pernah kamu sepelekan. Dengan demikian, kamu dapat ber-quality time dengan tamu sepuasnya.

Gunakan Furnitur Fungsional Lainnya

 

ruang tamu

Bayangkan bila kamu kedatangan tamu dari jauh di mana berpuluh-puluh kilometer perlu ia tempuh untuk bisa datang ke hunianmu. Apalagi bila cuaca di luar sedang panas-panasnya. Dengan demikian, furnitur tambahan apa yang perlu kamu siapkan? Tentunya kamu membutuhkan pendingin ruangan, baik itu AC ataupun kipas angin.

Furnitur fungsional tambahan lainnya misalnya bantal sofa, toples berisikan cemilan atau minuman, gorden jendela untuk meminimalisasi cahaya yang masuk, dan lain sebagainya. Ketika sudah menyediakan ini semua, maka dapat dipastikan tamu yang bersinggah akan lebih nyaman dan memberikan kesan terbaiknya untuk hunianmu.

Kesimpulannya, baik itu gorden jendela minimalis, penentuan warna, dan perabot pendukung merupakan tugasmu dalam menciptakan ruang tamu yang tenang dan nyaman. Semga berbagai informasi tersebut dapat membantu kamu yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *