Apa Saja Kerusakan Umum Pada Pintu Geser di Rumah Anda?

Pintu geser merupakan salah satu komponen interior atau eksterior masa kini yang mulai dilirik dan banyak digunakan untuk rumah-rumah minimalis bahkan mewah sekalipun. Keunggulannya dari pintu geser, seperti lebih praktis atau elegan menjadikannya pilihan yang tepat untuk digunakan. Pada dasarnya adaptasi dari pintu geser ini berasal dari negeri sakura Jepang, dimana Jepang sudah menggunakan tipe pintu ini dari jaman dahulu dan saat ini jenis pintu ini sudah banyak diaptasi dan digunakan di negara lain. Selain itu, berbeda dengan jenis pintu yang memiliki satu atau dua daun pintu, jenis pintu yang satu ini memang dirancang untuk ruangan lebih terlihat praktis dan fleksibel tanpa perlu penambahan kusen dan lainnya seperti yang harus digunakan pada pintu yang menggunakan satu atau dua daun pintu.

Tertarik Menggunakan Pintu Geser? Ketahui Kerusakan Umumnya Terlebih Dahulu!

Pintu Geser

Pintu geser memang menjadi tren rumah masa kini, namun sebelum Anda menggunakan jenis pintu yang satu ini maka sebaiknya Anda memahami kerusakan apa saja yang mungkin dapat terjadi pada pintu geser kesayangan Anda. Hal ini, karena mengingat harga pintu geser yang tidak murah juga jadi memang cara pemakaian dan perawatannya harus Anda perhatikan sehingga pintu Anda dapat tetap terlihat baik dan jika terjadi kerusakan Anda dapat menanggulanginya. Pintu yang satu ini sangat berbeda dengan jenis pintu lainnya, yang mana dari segi pemakaian saja Anda sangat dituntut kehatian-hatiannya sehingga pintu dapat tetap awet, Jika Anda menyamakannya dengan pintu berdaun biasa maka Anda salah besar. Oleh karena itu, jika Anda memang berminat dengan jenis pintu yang satu ini maka sebaiknya perhatian kerusakan umum yang sering terjadi pada pintu geser!

  1. Susah dibuka atau ditutup, jika nantinya Anda menggunakan pintu geser maka jangan heran jika pintu Anda suatu ketika mengalami hal seperti ini. Anda tidak perlu khawatir dan kuncinya jika pintu susah dibuka atau ditutup jangan sekali-kali Anda buka atau tutup paksa dengan cara kasar, karena dikahwatirkan itu akan merusak pintu tersebut. Biasanya, dalam hal ini beberapa pemilik mengakalinya dengan menggunakan obeng untuk membongkar railing (jalur geser) dan mengecek ada masalah apa. Biasanya masalah ini timbul saat railing terlalu kotor atau jarang dibersihkan sehingga menyebabkan pintu menjadi susah dibuka atau ditutup.
  2. Berderik saat dibuka atau ditutup , pintu geser pasti akan menemui masalah berderik ketika dibuka dan suara ini terkadang sangat menganggu. Namun, Anda jangan khawatir cukup tambahkan penahan dari busa atau bahan lunak lainnya yang dapat Anda rekatkan dipinggiran pintu. Usahakan juga untuk buka atau tutup pintu dengan pelan dan perlahan sehingga pintu tidak akan cepat mengeluarkan suara berderik selanjutnya.
  3. Pintu seret ketika dibuka atau ditutup, ini merupakan masalah klasik dan umum yang dapat terjadi jika Anda menggunakan jenis pintu geser. Namun jangan bingung dulu, karena Anda dapat menggunakan cara sederhana untuk memecahkan masalah berikut ini seperti menggunakan olesan oil, atau sabun deterjen untuk memperlancar gerak pintu supaya tidak seret.

Mengingat harga sliding door atau pintu geser yang lumayan mahal maka dalam pemakaiannya Anda pun harus hati-hati, hal ini agar menghindari berbagai kerusakan yang dapat terjadi pada pintu kesayangan milik Anda. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan buktikan dengan cara-cara di atas untuk mengatasi kerusakan pada pintu geser milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *